Sabtu, 06 November 2010

Desin Praktek Kerja Lapangan Di SMK Negeri 1 OKU Selatan

1.1 LATAR BELAKANG
Kerja Praktek (KP) merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mencapai Strata I (SI) yang mana dilakukan pada smester 5 dangan total sks yang memenuhi syarat Kerja Praktek (KP) minimal 85 sks yang telah ditempuh. Dengan melihat kemajuan khususnya komputer secara tidak langsung penulis tertarik untuk Kerja Praktek (KP) di sebuah lembaga Pendidikan atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terletak di Jalan Raya Muaradua Kisam Km 10 Desa Gunung Terang Kec. Buay Sandang Aji Kab. OKU Selatan Kode Pos 32171, karena menurut penulis dengan melakukan kerja praktek di SMK Negeri I OKU Selatan tersebut penulis mendapatkan ilmu yang di dapat secara teoritis.
Praktek kerja yang di lakukan untuk penulis pada bagian Kesiswaan yaitu dimana pada bagian tersebut sudah menggunakan Komputer dengan sistem paket. Akan tetapi pada pengolahan data dengan menggunakan komputer sistem paket sering ditemukan kendala sehingga menarik untuk dituangkan kedalam sebuah Laporan Kerja Praktek.
1.2 Tujuan
Tujuan yang didapat dalam melakukan Praktek Kerja Lapangan adalah sebagai berikut:
1. Untuk memenuhi salah satu syarat mengambil Tugas Akhir/Skripsi
2. Untuk memenuhi Sistem Pengolahan Data Siswa pada SMK Negeri I OKU Selatan. Sehingga mempermudah dalam penginputan data siswa SMK Negeri 1 OKU Selatan
1.3 Manfaat
Adapun manfaat bagi penulis dari Kerja Praktek (KP) adalah sebagai berikut :
1. Untuk menciptakan sistem yang baru
2. Dapat menerapkan ilmu yang didapat selama di bangku perkuliahan
3. Dapat menyusun Laporan Kerja Praktek
Adapun manfaat bagi objek adalah sebagai berikut :
1. Membantu dalam penerepan kerja praktek STMIK-POLITEKNIK Muaradua
2. Menjalin kemitraan yang hangat antara STMIK-POLITEKNIK Muaradua dengan SMK Negeri 1 OKU Selatan
3. Diharapkan Menciptakan sistem yang dapat membantu pekerjaan khususnya dibidang administrasi kesiswaan
1.4 FUNGSI DAN TUGAS OBJEK (ADM.KESISWAAN)
1. Bersama DenganWakabid Kesiswaan, Pembina Osis, Pembina Siswa, Pembina Ekskul, BP / BK Wali Kelas dan Guru / Instruktur bertanggung jawab.
2. Membuat dan Merencanakan PSB.
3. Membuat dan Merencanakan Anggaran Kesiswaan dan PSB
4. Membuat dan Merencanakan MOS
5. Membuat dan Merencanakan Anggran MOS
6. Membuata data Siswa baru
7. Membuat data Siswa.
8. Menyusun dan membuatan tata tertip Siswa.
9. Menyusun dan membuat Perjanjian Pelaksanaan tata Tertip siswa.
10. Membuat absent siswa setiap hari.
11. Membuat Absen siswa setiap Bulan.
12. Membuat Prosentase Kehadiran siswa Setiap hari.
13. Membuat Prosentase Kehadiran siswa Setiap Bulan.
14. Membuat Prosentase Kehadiran siswa Setiap Semester.
15. Membuat Prosentase Kehadiran siswa Setiap tahun
16. Mengkoordinir Administrasi Kegiatan Kesiswaan.
17. Menyusun Program Kegiatan kesiswaan.
18. Membuat Data Kegiatan Keiswaan.
19. Membuat Peta Siswa
20. Membuat Rencana Kegiatan Kesiswaan yang meliputi.
• Kegiatan Osis.
• Kegitan Pembinaan Siswa. Dan Pelaksanaan Tata Tertip.
• Kegitan Pembinaan Rohis.
• Kegitan Pembinaan Ektra Kulikuler.
• BP / BK
• Membuat data Distribusi Jam kegiatan Kesiswaan.
• Membuat Kalender Pendidikan Kegiatan Kesiswaan
• Membuat Pendataan Kebutuhan Pembina Kesiswaan.
• Membuat Jadwal Pembinaan Kesiswaan.
• Membuata dan Pendataan Sarana Penunjang Kesiswaan.
• Membuat Administrasi Guru / Instruktur Pembina Kesiwaan.
• Membuat Kohord / data Siswa secara Berkala.
• Membuat Tingkat Pencapaiaan Kegiatan Kesiswaan.
• Membuat Evaluasi Kegiatan Kesiswaan
21. Merencanakan, Membuat Mengkoordinir Perangkat kegiatan Kegiatan OSIS.
22. Membuat Program Kegiatan OSIS.
23. Membuat Perakat dan pengurus Osis.
24. Membuat data Siswa Peserta kegiatan Osis.
25. Membuat Peta Siswa
26. Membuat laporan Secara Berkala Tentang Kegiatan Osis Melalui Wakabid Kesiswaan ke Kepala Sekolah.
27. Membuat data Kegiatan Pembinaan Siswa dan Melakukan Pembinaan dan Berjalannya Tata Tertib serta dalam menunjang lancarnya Kegiatan dan Aktifitas PBM / KBM Kegiatan Kesiswaan lainnya Baik Dilingkungan sekolah Maupun Diluar Sekolah yang berhubungan dengan kegiatan Sekolah.
28. Membuat Perangkat kegiatan Ekskul.
29. Membuat Program Kegiatan Ekskul.
30. Membuat Data Siswa Peserta Ekskul.
31. Membuat Peta Siswa Peserta Ekskul.
32. Membuat daftar hadie peserta Ekskul.
33. Membuat Rencana Kegiatan Ekskul.
34. Membuat Rencana Kebutuhan alat dan Bahan kegiatan Ekskul.
35. Membuat laporan Secara Berkala Tentang Kegiatan Ekskul Melalui Wakabid Kesiswaan ke Kepala Sekolah.
36. Merencanakan, Membuat Mengkoordinir Perangkat kegiatan Rohis.
37. Membuat Program Kegiatan Rohis.
38. Membuat Perangkat Rohis
39. Membuat Data Siswa Peserta Rohis.
40. Membuat Peta Siswa Peserta Rohis.
41. Membuat Rencana Kegiatan Rohis.
42. Membuat Rencana Kebutuhan alat dan Bahan kegiatan Rohis.
43. Membuat laporan Secara Berkala Tentang Kegiatan Rohis Melalui Wakabid Kesiswaan ke Kepala Sekolah.
44. Mengkoordinir Administrasi Kegiatan Bimbingan dan penyuluhan dan Bimbingan Kareir Siswa .
45. Membuat Program Kegiatan BP / BK.
46. Membuat Data Siswa yang dilakukan Bimbingan di sekolah.
47. Membuat Peta Siswa yang dilakukan Bimbingan di sekolah.
48. Membuat Panggilan Siswa.
49. Membuat Panggilan Orang Tua.
50. Membuat Data Siswa yang dilakukan Bimbingan Dirumah.
51. Membuat Peta Siswa yang dilakukan Bimbingan di Rumah.
52. Membuat Rencana Anggaran Kegiatan Pembinaan Kesiswaan yang meliputi.
• Kegiatan BP / BK Rutin.
• Kegitan Pembinaan BP / BK Berkala.
• Kegitan Pembinaan Kunjungan Kerumah ( Home Visit ).
• Kegitan Pembinaan Pelaksanaan Tatatertip.
53. Membuat Kalender Pendidikan.
54. Membuat Data Kasus.
55. Membuat Jadwal Pembinaan Kesiswaan.
56. Membuat dan Pendataan Sarana Penunjang Pembinaan.
57. Membuat Administrasi Pembinaan,
58. Membuat Tingkat Pencapaiaan Pembinaan .
59. Membuat Evaluasi Kegiatan Pembinaan
60. Membuat laporan Secara Berkala Tentang Kegiatan Pembinaan ke Kepala Sekolah.
2.1 SEJARAH SMK Negeri I OKU Selatan
SMK Negeri 1 OKU Selatan Diresmikan pada tanggal 31 Maret 2008 oleh bupati OKU Selatan. SMK Negeri 1 OKU Selatan Dibangun diatas tanah selebar 1 H.
2.2 KEGIATAN SMK Negeri I OKU Selatan
1. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.
• Kegiatan Kurikuler.
Kegiatan Kulikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan struktur kurikulum yang ditujukan untuk mengembangkan kompetensi peserta didik sesuai dengan program keahlian.
• Kegiatan Ekstra Kulikuler.
Kegiatan Ekstakulikuler merupakan kegiatan yang dilaksanakan yang tidak dilaksanakan dengan struktur kurikulum yang ditujukan untuk mengembangkan kompetensi peserta didik sebagai program tambahan dari program Normatif Adaptif dan program studi keahlian.
• Muatan Lokal.
Kegiatan yang merupakan kegiatan dilaksanakan potensi yang ada pada siswa dan likungan sekitar serta menunjang kompetensi yang ada pada kurikulum kulikuler dan ekstra kulikuler.
• Program Magang / PSG.
Kegiatan yang merupakan kegiatan dilaksanakan di Industri sesuai dengan struktur kurikulum yang ditujukan untuk mengembangkan kompetensi peserta didik sesuai dengan program keahlian serta kegiatan kurikulum yang tidak dapat dilaksanakan di sekolah.
• Program di Luar sekolah.
Kegiatan yang merupakan kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan di sekolah dan di Industri tetapi sangat menunjang kompetensi peserta didik sesuai dengan program keahlian serta kegiatan kurikulum.

2. PENDEKATAN PEMBELAJARAN.
• CBT ( Competency Based Training ).
• PBT ( Production Based Training ).
• Rekayasa.
• Aplikasi.

3. STRATEGI PENDIDIKAN DAN LATIHAN.
• Pembelajaran berbasis kompetensi menganut prinsip belajar tuntas ( Mastery Learning ) untuk dapat menguasai knowledge, skill and attitude.
• Learning by Duing belajar melalui aktifitas kegiatan nyata yang memberikan pengalaman yang bermakna di kembangkan menjadi berbasis produksi.
• Individual Learning pembelajaran dilaksanakan dengan system moduler setiap kompetensi.

4. ALTERNATIF PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN.
• Kelas Model Industri dimana peserta didik belajar di sekolah dibuat seperti Dalam lingkungan Industri.
• Kelas Industri ( Employee ) dimana peserta didik belajar disekolah dan di Industri.
• Kelas mandiri / wiraswasta / self employee dimana peserta didik belajar dan berlatih di sekolah berusaha secara mandiri dan berlatih berwiraswasta.

5. POLA PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN.
a. Pola Pendidikan Sistem Ganda.
Pola penyelenggaraan diklat yang di kelola bersma SMK dan Industri / Asosiasi Profesi sebagai institusi pasangan dengan melalui :
• Perencanaan.
• Pelaksanaan.
• Evaluasi.
• Sertifikasi.


Dengan bentuk pelaksanaan.
• Day release.
• Block release.
• Durasi waktu 4 bulan sampai dengan 12 bulan.

b. Pola Multy Entry and Multy Exit.
• Perwujudan konsep pendidikan dengan system terbuka diterapkan agar peserta didik dapat memperoleh layanan secara flexible dalam penyelesaian pendidikannya.
• Dengan pola ini peserta didik dapat mengikuti pendidikan paruh waktu karena peserta sambil bekerja mengambil kompetensi dilembaga lain.
6. BIMBINGAN DAN KONSLING.
Kegiatan Bimbingan dan Konsling pada dasarnya merupakan bentuk layanan untuk menggungkapkan, memantau, mengarahkan kemampuan bakat dan minat peserta didik untuk memasuki dunia kerja.

2.3 STRUKTUR ORGANISASI SMK Negeri I OKU Selatan
2.4 Visi Dan Misi SMK Negeri 1 OKU Selatan.
1. Visi
• Menjadikan SMK Negeri 1 OKU Selatan yang berkualitas serta unggul belandaskan IMTAQ dan IPTEK serta menghasilkan tamatan yang mampu berasing ditingkat Kabupaten OKU Selatan, tingkat Provinsi Sumatra selatan dan tingkat Nasional .

2. Misi SMK Negeri 1 OKU Selatan
• Mengakomodasi minat dan bakat peserta didik sesuai dengan program keahlian yang diminati.
• Meningkatkan kualitas organisasi dan manajemen sekolah dalam menumbuh kembangkan semangat keunggulan dan kompetitif.
• Meningkatkan kualitan PBM dan KBM dalam mencapai kompetensi siswa berstandar nasional.
• Meningkatkan kualitas kompetensi guru dan pegawai dalam mewujudkan standar pelayanan minimal.
• Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan dalam mendukung penguasaan IPTEK.
• Meningkatkan suberdaya SDM dan kualitas pembinaan kesiswaan dalam mewujudkan IMTAQ dan sikap.
• Menjalin kemitraan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri sesuai dengan prinsip demand driven.
• Membentuk dan meningkatkan kualitas pengelolaan unit produksi dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM.
• Memberdayaan sumberdaya lingkungan sekolah dalam mewujudkan wawasan wiatamandala.

3. Tujuan SMK Negeri 1 OKU Selatan
Menyiapakan peserta didik agar menguasi kompetensi dan menjadi manusia produktif mampu bekerja mandiri, mengisi lowongn pekerjaan yang ada di Dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah trampil sesuai dengan kompetensi program keahliannya.
• Menyiapakan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi dilingkungan kerja, mengembangkan sikap professional dalam bidang keahliannya.
• Membekali peserta didik dengan IPTEK dan IMTAQ serta sikap social dan berbudi luhur serta bejiwa seni budaya aghar mampu mengembangkan diri baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
• Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang diminati.
2.5 GAMBARAN TEKNOLOGI IT YANG DIGUNAKAN
Teknologi IT yang digunakan di Bidang Adm.Kesiswaan SMK Negeri 1 OKU Selatan adalah Komputer Acer dgn Memori RAM 113 GB

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar